Tren Minuman Boba

Tren Minuman Boba

Minuman bubble atau yang sering kita sebut dengan boba merupakan minuman yang sudah booming sejak tahun 2019. Boba merupakan minuman dingin bervariasi yang diisi dengan topping yang terbuat dari tapioka pearl yang kenyal dan manis. Sebenarnya boba telah ada lama di Indonesia namun baru booming di tahun 2019. Boba pertama kali terkenal di Indonesia melalui perusahaan waralaba Chatime. Hingga saat ini, perusahaan minuman boba dari berbagai merk telah menjamur di Indonesia.

Sejarah Boba

Minuman boba merupakan minuman yang berasal dari Taiwan pada tahun 1980-an. Boba dibuat oleh Liu Han Chien yang merupakan warga Taiwan pemilik toko teh Chun Shui Tang dan mencampurnya dengan teh susu. Saat itu, perusahaan Quickly merupakan pelopor minuman boba di Taiwan yang akhirnya masuk ke Indonesia pada tahun 2001.

Boba sebenarnya merupakan makanan penutup tradisional bagi warga Taiwan yang sering disebut dengan “fen yuan” yang berarti jelly dari tapioka yang memiliki rasa manis dan disajikan dengan minuman es dengan air gula. Masyarakat Taiwan biasanya mencampurkan boba tersebut kedalam teh untuk menambah variasi dari rasa saat meminum teh. Saat banyak orang yang menyukai hal tersebut, Liu Han Chieh memiliki ide untuk menjual minuman tersebut. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 45 merk boba yang beredarĀ  dan memiliki ratusan toko yang tersebar di Taiwan. Perusahaan yang sudah terkenal sampai ke Indonesia seperti KOI, Chatime dan Tiger Sugar merupakan perusahaan boba yang berasal dari Taiwan.

Variasi Minuman Boba

Minuman boba sudah berkembang sangat pesat sehingga boba dapat dicampurkan kedalam berbagai jenis minuman. Awalnya minuman boba hanya dicampurkan kedalam teh, namun sekarang sudah dapat dicampurkan pada susu, yuzu dan banyak lagi. Tidak hanya dari minumannya saja, boba juga memiliki banyak varian dari bubblenya itu sendiri. Berikut berbagai varian boba yang ada :

  • Clear boba

    Clear boba merupakan boba yang berwarna bening dan memiliki ukuran sebesar mutiara. Clear boba biasanya tidak berwarna dan hanya disajikan sebagai pelengkap dari minuman saja agar ada rasa kenyal dari minuman tersebut.

  • Mini boba

    Boba yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari boba biasanya. Mini boba memiliki warna yang banyak seperti kuning, putih, merah dan lainnya. Biasanya boba ini hanya untuk memberikan rasa krenyes saat kita sedang meminum minuman boba.

  • Black boba

    Black boba memiliki bentuk yang sama seperti clear boba seukuran mutiara. Boba yang satu ini sebenarnya sama seperti clear boba dimana bahan bakunya sama namun black boba ditambah pemanis gula merah dan caramel yang menjadikannya warna hitam. Black boba lebih umum dijual di pasaran karena memiliki rasa yang enak karena lebih manis.

  • Flavored boba

    Boba ini sebenarnya sama seperti black boba dan clear boba. Hanya saja black boba menggunakan pemanis dari gula merah dan caramel, flavored boba lebih cenderung menggunakan pemanis dari rasa sirup maupun buah-buahan yang menambah cita rasa lain dari boba.

  • Popping boba

    Popping boba tidak jauh berbeda dari yang lain hanya saja kalau varian boba lainnya memiliki tekstur yang kenyal, popping boba memiliki tekstur yang jika kita gigit maka boba tersebut akan pecah dan mengeluarkan isinya. Isi dari popping boba pun bervariasi sehingga kita dapat memilih sesuai dengan rasa yang kita inginkan.

    Boba Salah Satu Minuman Komsumsi Favorite

Minuman boba memang merupakan minuman yang nikmat untuk dikonsumsi, namun semua yang dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik bagi kita. Kita harus dapat membatasi untuk mengkonsumsi boba karena boba itu sendiri lumayan susah untuk dicerna oleh perut kita sehingga jika kita mengkonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan cepet kenyang dan kekurangan gizi. Selain itu boba juga dapat memicu diabetes, obesitas dan kencing manis.

Tulisan ini dipublikasikan di Makanan, Minuman dan tag , . Tandai permalink.